Ungkapan Sehari-hari

Kamis, 28 Maret 2013



1. Irasshaimase
いらっしゃいませ。
''Selamat datang''.
Biasanya di ucapkan di toko-toko atau pedagang untuk menyambut tamu yang datang.

2. Youkoso
ようこそ。
''Selamat datang''.
Ucapan secara umum dan biasanya untuk para tamu undangan.

3. Ittekimasu.
行って来ます。
''Saya berangkat dulu''.
Ini dalam keadaan berangkat tapi nanti akan kembali lagi.

4. Itterasshai.
行ってらっしゃい。
''Selamat jalan''.

5. Tadaima.
ただいま。
''Saya pulang...''

6. Okaerinasai
お帰りなさい。
''Selamat datang/kembali (pulang)''
Ini ucapan balesan dari Tadaima.

7. Ojama shimasu.
おじゃまします。
''Permisi, Maaf jika saya mengganggu''.
Ini dalam keadaan tidak enak dengan orang.

8. Gomen kudasai.
ご免ください。
''Maaf/Minta Maaf''.

9. Osaki ni shitsurei shimasu.
お先に失礼します。
''Saya permisi dulu''.

10. Sorosoro oitomashimasu.
そろそろおいとまします。
''Saya segera mohon diri''.
Ini di pakai biasanya pada keadaan tergesa-gesa.

11. Kokoro kara kansha shimasu
心から感謝します。
''Terima kasih tulus dari hati saya''.

12. Makoto/Hontou ni arigatou gozaimashita.
真に / 本当にありがとうございました。
''Benar-benar terima kasih''.

13. Goshinsetsu arigatou gozaimashita.
ご親切ありがとうございました。
''Terima kasih atas keramahannya''.

14. Osewa ni natte, doumo arigatou gozaimashita.
お世話になって、どうもありがとうございました。
''Terima kasih telah membantu/menjaga saya''.

15. Atatakai omotenashi, hontou ni arigatou gozaimashita.
暖かいお持て成し、本当にありがとうございました。
''Sungguh terima kasih atas sambutan hangat anda''.

16. Iie, dou itashimashite.
いいえ、どういたしまして。
''Tidak, tidak apa-apa/sama2''.

17. Kochira koso.
こちらこそ。
''Sama-sama''.
Ini intinya berterima kasih kembali.

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.